0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pencairan Dana PSKS di 18 Kecamatan Diundur

Pencairan dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera di Kabupaten Boyolali, baru Kecamatan Boyolali Kota yang sudah cair (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Pencairan dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) di 18 kecamatan di Kabupaten Boyolali, terpaksa diundur hingga Kamis (16/4) mendatang. Pencairan dana ini mestinya bisa dilakukan serentak Sabtu (11/4), namun saat ini baru satu kecamatan, yaitu Kecamatan Boyolali Kota yang sudah dicairkan.

“Terpaksa kita tunda,untuk memberikan kelonggaran waktu bagi pemerintah desa untuk mensosialisasikan jadwal pencairan,” ujar Kepala Kantor Pos Boyolali, Indriyatmoko, Senin (13/4).

Dijelaskan, tertundanya pencairan untuk rumah tangga sasaran (RTS) di 18 kecamatan, karena mepetnya sosialisasi. Diakui, pihaknya baru mendapat surat pemberitahuan pencarian dari pusat pada Jumat lalu (10/4). Setelah dilakukan sosialisasi dengan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, akhirnya disepakati, pencairan ditunda.

“Baru Kecamatan Boyolali Kota yang sudah cair, dengan pertimbangan dekat dengan kantor pos,” imbuhnya.

Di sisi lain, Kepala Dinsosnakertrans, Purwanto, mengakui awal pekan ini para camat dan desa baru akan mensosialisasikan pencairan PSKS tersebut. Dijelaskan, pihaknya tidak hanya bertugas mensosialisasikan namun juga menerima masukan dari masyarakat. Pihaknya saat ini sudah melakukan koordinasi dengan camat,desa untuk mengetahui permasalahan di lapangan terkait PSKS.

“Kita akui masih banyak data penerima yang masih banyak dipersoalkan, data yang ada masih menggunakan data lama,tahun 2011 lalu,” imbuhnya.

Untuk data terbaru, pihaknya baru dalam tahap penyusunan. Dinas juga berharap, pemerintah desa bisa menyelesaikan dan menjelaskan kepada warganya terkait penerimaan PSKS.

Di Kabupaten Boyolali, jumlah penerima PSKS tahap II sama dengan penerima PSKS tahap pertama yakni 64.099 rumah tangga sasaran (RTS) dengan total dana PSKS yang akan disalurkan mencapai Rp 38,4 miliar. Pada PSKS tahap I, masih ada 1.600 RTS yang belum mengambil dana PSKS di Kantor Pos.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge