0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PTKIN Harus Dikelola Layaknya Industri Jasa

dok.timlo.net/tyo eka
Dr Agus Maimun MPd, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama UIN Maliki Malang saat berbicara di Kampus IAIN Surakarta (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo — Salah satu tugas Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) adalah menghasilkan manusia sebagai sumberdaya yang memiliki kemampuan tinggi. Untuk itu, PTKIN harus dikelola dengan model pengelolaan layaknya industri jasa.

“Para pengelola PTKIN harus menjadikan perguruan tinggi yang berproses sebagai industri pengembangan sumberdaya manausia dimana profesionalisme menjadi harga mati untuk pelaksanaannya,” jelas Dr Agus Maimun MPd, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama UIN Maliki Malang saat berbicara tentang PTKIN dan Tantangan Pasar Kerja Eksternal, di Kampus IAIN Surakarta.

Agus mengatakan, profesionalisme menjadi hal yang penting untuk memacu setiap perguruan tinggi dalam melahirkan lulusan yang bermutu dan berdaya saing tinggi, sebab mutu lulusan menjadi tolak ukur untuk mengetahui tinggi rendahnya kualifikasi sebuah perguruan tinggi di lingkungan pasar kerja.

“Untuk mewujudkannya, diperlukan sebuah strategi yang handal. Strategi yang mencakup pengembangan kelembagaan dirasa menjadi hal yang wajib dilakukan PTKIN saat ini,” jelasnya.

Agus mengemukakan, sedikitnya lulusan PTKIN yang bisa diserap pasar tenaga kerja, sebenarnya dapat memberikan inspirasi dan motivasi seluruh PTKIN untuk melakukan terobosan baru dengan mengembangkan program yang dapat memberikan bekal kemandirian mahasiswa dengan berbagai program konkrit yang langsung pada persoalan dan kebutuhan riil mahasiswa.

“Salah satunya dengan peningkatan profesionalisme dan kewirausahaan,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge