0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kerjakan UN, Siswi Tuna Netra ini Pilih Tak Gunakan Soal Braille

dok.timlo.net/daryono
Sri Sugiyanti (kanan) mengerjakan UN (dok.timlo.net/daryono)
Solo — Dengan seksama, Sri Sugiyanti (18) menyimak soal yang dibacakan pengawas yang duduk di depannya. Sesekali, ia mengusapkan tisu pada wajahnya.
Setelah berpikir beberapa saat, gadis berjilbab itu menyebutkan jawaban pilihannya. Pengawas satunya yang duduk di sebelahnya kemudian menuliskan jawaban Sri Sugiyanti di Lembar Jawab Komputer (LJK).

Sugiyanti merupakan satu dari 256 siswa SMAN 8 Solo dimana hari ini mengikuti Ujian Nasional (UN). Sugiyanti mengerjakan di ruang terpisah lantaran ia siswa inklusi penyandang tuna netra.

“Sugiyanti memilih mengerjakan UN dengan cara dibacakan. Ia buta karena sakit saat SMP. Jadi bukan buta sejak kecil. Karena itu, ia tidak akrab dengan braille,” kata Wakil Kepala Kurikulum SMAN 8 Solo, Hindarso kepada Timlo.net, Senin (13/4).

Menurut Hindarso, pemerintah sebenarnya menyediakan soal braille. Namun, sejak awal, siswi jurusan IPS ini memang lebih memilih tidak menggunakan soal braille.

“Sebenarnya ada soal braille tetapi kami tidak minta. Siswa ini lebih senang dibacakan. Sebelumnya juga sudah latihan 4 kali,” terangnya.

Hindarso menambahkan, UN di SMAN 8 berjalan lancar. Dari 256 siswa kelas 3, semuanya mengikuti UN dan tidak ada yang izin.

“Total ada 256 siswa tersebar di 14 ruang. Inklusinya cuma satu itu,” bebernya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge