0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kecelakaan, Anastasia Kerjakan UN di Atas Kursi Roda

dok.timlo.net/daryono
Anastasia Putri Utama mengerjalam soal UN di ruang UKS (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Gadis berseragam putih abu-abu itu duduk di kursi roda. Ia memegang lembaran kertas soal di tangannya. Di depannya, seorang pengawas menunggu gadis itu mengerjakan soal demi soal.

Di ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS) SMAN 5 Solo, Anastasia Putri Utama, nama gadis itu, mengerjakan soal sendirian. Kecelakaan lalu lintas beberapa bulan lalu membuat siswi kelas 3 SMAN 5 Solo itu harus mengerjakan UN seorang diri.

“Anastasia kecelakaan saat ke sekolah. Boncengan dengan temannya Febi. Febi hanya luka ringan sehingga sudah bisa ikut UN dengan temannya.  Sementara Anastasia disendirikan,” kata Sekretaris UN SMAN 5 Solo, Agung Wijayanto kepada Timlo.net, Senin (13/4).

Agung melanjutkan, sejauh ini, pelaksanaan UN di SMAN 5 Solo berjalan lancar. Terdapat beberapa soal mengalami kerusakan, namun bisa diatasi dengan adanya soal cadangan.

“Hari ini tiga mata pelajaran diujikan yakni Bahasa Indonesia, Kimia, Geografi,” ungkapnya.

Ketua Komisi IV DPRD Solo, Hartanti mengatakan, dari pemantauannya ke sejumlah SMA/SMK, pelaksanaanya UN di Solo berjalan lancar. Sekolah yang dipantau antaralain SMAN 1, SMAN 2, SMAN 5, SMAN 6, SMAN. 8, SMKN 9 dan SMA Batik 1.

“Secara umum lancar baik sistem CBT (Computerized Basic System) ataupun PST (Paper Basic Test). Memang di SMAN 5, ada satu murid karena kecelakaan itu ikut UN sendiri di ruang UKS,” ujarnya.

Disinggung ujian sendiri membuat siswa bersangkutan down secara psikologis, Hartanti membantah hal itu. “Dia kan sudah tiga bulan lalu kecelakaan. Pastinya sudah siap ujian sendiri. Soalnya kalau dengan siswa lain nggak bisa, duduknya menganggu siswa yang lain” tuturnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge