0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kera Serang Tanaman Sayuran di Selo

timlo.net/nanin
Petani sayuran di Kecamatan Selo diresahkan dengan serangan hama kera gunung (timlo.net/nanin)

Boyolali — Puluhan hektar tanaman sayuran di Kecamatan Selo kembali menjadi sasaran kera gunung. Kawanan kera ini tidak hanya memakan sayuran, namun juga merusaknya. Akibatnya, petani mengalami kerugian tidak sedikit.

“Kalau yang daunya disobek, jelas tidak laku dijual, pernah saya kumpulkan hampir satu kwintal,” ujar Sumadi, petani sayuran asal Dusun Gebyog, Desa Samiran, Kecamatan Selo, Minggu (12/04).

Dijelaskan, serangan hama kera ini tidak tentu waktunya. Kawanan kera yang berjumlah 50an ini menyerang dua minggu sekali.

Kera biasanya datang bersama-sama dan langsung mencabuti sayuran dan menyobeknya. Yang membuat kesal petani, kawanan kera ini tidak hanya memakan daun sayuran, namun juga merusaknya. Sayuran yang diserang kera adalah wortel, kobis, dan sawi.

“Tapi mereka tidak mau makan cabe, jadi tanaman cabe aman,” imbuhnya.

Petani lain, Ngatini, 40, warga sekitar mengatakan, kera terakhir datang ke lahannya ketika dirinya sedang memanen. Beberapa ekor kera yang ada di lahanya, bahkan dengan berani mengikutinya saat memanen. Hanya saja, diakui, kawanan kera ini sama seklai tidak mau menyerang warga.

“Kera-kera ini sudah berani mendekati warga, tapi tidak mau menyerang, ” imbuh Ngatini.

Berbagai upaya sudah dilakukan dengan memasang jaring untuk pelindung berjaga kedatangan kera. Namun, kawanan kera itu mencari celah menerobos bagian yang bolong dari jaring itu. Serangan hama kera semakin mengganas sejak erupsi Merapi 2010 lalu.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge