0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polres Klaten Siagakan Personel Amankan Soal UN

Klaten – Kedatangan 722 boks naskah soal Ujian Nasional (UN) 2015 berbasis kertas atau paper base test pada Sabtu (11/4) pagi di Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten tak luput dari pengawalan ketat kepolisian. Guna mengantisipasi kebocoran soal pada pelaksanaan UN tingkat SMA/SMK itu, Polres Klaten siap menerjunkan personelnya.

“Sesuai instruksi, Polres Klaten akan melakukan pengawalan dan bantuan pengamanan di Kantor Disdik sebagai lokasi penyimpanan sementara soal UN. Sedangkan saat pendistribusian soal dari Disdik menuju masing-masing Sub Rayon, kami pun juga tetap akan melakukan pengawalan dengan ketat. Hal ini untuk menjamin tidak ada kebocoran soal pada pelaksanaan UN,” kata Kasubag Pengendalian Operasi Bagian Ops Polres Klaten, AKP Nanik Suryani.

Lebih lanjut, AKP Nanik menjelaskan, sedikitnya empat anggota polisi berseragam dinas akan disiagakan untuk menjaga soal ujian di Kantor Disdik Klaten dan saat dropping di Sub Rayon. Adapun Sub Rayon tingkat SMA antara lain, SMAN 1 Klaten, SMAN 2 Klaten, SMAN 1 Cawas, SMAN 1 Wonosari, dan SMAN 1 Karanganom. Sedangkan Sub Rayon tingkat SMK yakni, SMKN 1 Klaten, SMKN 3 Klaten, SMKN 4 Klaten, dan SMKN 1 Trucuk.

“Baik di Kantor Disdik maupun di masing-masing Sub Rayon, total ada 12 personel yang kita siagakan dalam tiga shift. Sedangkan pada saat pelaksanaan UN, kita akan menerjunkan dua orang anggota polisi preman alias tanpa mengenakan pakaian dinas. Sebab, selain orang-orang tidak mengenali kehadiran mereka, tujuannya untuk menjaga kondisi psikologis para siswa,” jelasnya.

Pelaksanaan UN SMA/SMK di Kabupaten Klaten diikuti oleh 13.193 peserta, dengan rincian sebanyak 4.375 siswa dari SMA dan 8.818 siswa dari jenjang SMK. Sedangkan gelaran UN berbasis komputer atau computer base test akan berlangsung di lima sekolah yakni, SMAN 1 Klaten, SMKN 1 Klaten, SMKN 2 Klaten, SMKN 4 Klaten, dan SMKN Muhammadiyah 2 Klaten Utara.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge