0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

10 WNI di Yaman Tiba di Djibouti

dok.merdeka.com
WNI dari Yaman (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Sebanyak 10 Warga Negara Indonesia (WNI) yang mengaku punya hubungan keluarga dengan WNI tiba di Pelabuhan Djibouti, Sabtu pagi (11/4) waktu setempat. Mereka menumpang kapal Tarkash milik Angkatan Laut India.

Selain WNI, terdapat pula tujuh Warga Negara Asing (WNA) yang ikut dalam rombongan. Inilah gelombang kedua WNI yang tiba di Djibouti dari wilayah konflik di Aden, Yaman.

Dubes RI untuk Addis Ababa selaku Ketua bersama Tim Gabungan telah menunggu mereka di pelabuhan sejak pagi. Dubes Imam Santoso yang sudah berada di Djibouti selama seminggu menyalami dengan antusias.

“Kita memahami kesulitan mereka di negara yang dilanda perang. Kita akan bantu semaksimal mungkin,” ujarnya.

Kedatangan WNI ini telah ditunggu cukup lama. Dalam beberapa waktu terakhir, ditengarai mereka kesulitan keluar dari kecamuk perang di Yaman.

Dari kisaran 250 WNI yang terjebak perang di Aden, hanya 10 yang WNI yang berhasil lolos menumpang kapal milik India, bersama 262 warga India lainnya. Sisanya masih tertinggal.

Wakil Kemlu di Djibouti, M. Aji Surya mengatakan bahwa Tim telah mempersiapkan dokumen, transportasi dan akomodasi di Djibouti bagi para WNI.

“Pemerintah ikut bertanggungjawab atas Perlindungan WNI yang terjebak perang,” ujarnya.

Diperkirakan, WNI asal daerah perang di Djibouti ini akan berada disana kisaran tiga hari sebelum diproses kepulangan ke Indonesia. Tim Evakuasi Indonesia telah menyiapkan segala sesuatunya.

Pertengahan pekan ini, Tim Kemlu dari Jakarta telah dikirim ke Djibouti untuk memperkuat Tim dari Addis Ababa. Tim Jakarta ini bertugas utamanya untuk membantu mempersiapkan dokumen yang diperlukan bagi WNI yang dievakuasi.

Dalam waktu dekat, Tim bersama di Djibouti merencanakan evakuasi 250an warga Indonesia dari Aden. Sebuah kapal telah disewa untuk mengambil mereka.

“Kita sedang lakukan persiapan,” ujar Dubes Addis Ababa.

[pan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge