0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyak Pedagang ‘Arena Sabtu Belanja’ Tak Jualan

Karanganyar – Banyak pedagang ‘Arena Sabtu Belanja’ tidak aktif berdagang lagi. Dari sekitar 700 pedagang yang terdaftar Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop UMKM), hanya sekitar 300 pedagang saja yang masih aktif.

“Pedagang yang sudah mendaftar, mestinya menempati area yang disediakan. Tapi kalau tidak ditempati, ya itu akan jadi bahan evaluasi dalam memberikan izin penempatan,” kata Kabid Pengelolaan Pasar Disperindagkop UMKM kabupaten Karanganyar, Budi Wahyono, kemarin.

Dikatakannya, sesuai regulasi yang ada, PKL yang berjualan di Karanganyar harus mengantongi izin penempatan dari Bupati, atau pejabat yang ditunjuk. Izin hanya berlaku bagi pedagang yang namanya tercantum dan tidak boleh dipindahtangankan atau dijual ke pihak lain.

“Izin juga bisa dicabut jika pedagang tidak menempati area yang sudah disediakan, atau melanggar ketentuan-ketentuan yang ada,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Disperindagkop UMKM Nur Halimah mengatakan, jumlah pedagang ‘Arena Sabtu Belanja’ jauh lebih banyak dibandingkan ketika masih di Pasar Jumat. Saat Pasar Jumat dulu, jumlahnya hanya 285 pedagang. Namun saat ini yang terdaftar hingga 700-an pedagang.

‘Arena Sabtu Belanja’ merupakan program dari Pemkab Karanganyar sebagai pengganti Pasar Jumat, dimana pedagang bisa menggelar dagangannya di seputar Alun-Alun Karanganyar. Hari belanja tersebut diluncurkan 3 Januari 2015 lalu, setelah renovasi kawasan alun-alun selesai dikerjakan.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge