0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dikpora Boyolali Antisipasi Kesalahan Naskah UN

dok.timlo.net/nanin
Kepala Disdikpora Boyolali, Abdul Rahman,mengawasi proses pengepakan naskah un SMA MA dan SMK sebelum dibagikan ke rayon (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Boyolali, melakukan pengawasan ketat dalam pengepakan naskah soal ujian nasional (UN) sebelum dikirim ke masing-masing rayon. Sementara naskah soal un sebanyak 736 bok tiba lebih awal dari waktu yang diperkirakan, Sabtu (11/4).

Kepala Disdikpora Boyolali, Abdul Rahman, menjelaskan, pihaknya akan melakukan gerak cepat bila ditemukan naskah yang keliru. Salah satunya bila nama mata pelajaran yang tertulis di sampul naskah, tidak sesuai dengan isinya. Dinas akan langsung koordinasi dengan provinsi untuk menganti naskah yang salah.

“Sebagai antisipasi saja kalau ada yang salah, pasalnya ada kekeliruan atau tidak, baru besok (Senin 13/4) kita bisa mengetahuinya,” ujar Abdul Rahman.

Saat ini, pihaknya hanya punya kewenangan melakukan pengepakan untuk dikirim ke masing-masing rayon. Sedangkan untuk membuka sampul naskah, tidak bisa dilakukan. Selain bersifat rahasia, hal itu juga untuk menjaga agar naskah tidak bocor.

“Kerahasianya tetap kita jaga,semua masih terbendel rapi seperti saat dikirim ke sini,” imbuh Abdul.

Dijelaskan juga, naskah un ini tiba di Boyolali, Sabtu pagi pukul 03.15 WIB. Pengiriman naskah dikawal panitia lokal, Polda, pihak percetakan dan dinas provinsi. Sementara untuk pelaksanaan UN Senin besok, Dinas akan mengerahkan pengawas sebanyak 1.104 yang akan mengawasi di 552 ruang dengan total peserta ujian 10.033 peserta SMA/MA dan SMK.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge