0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PDIP Dorong Jokowi Tetapkan Soekarno sebagai Bapak Bangsa

dok.timlo.net/daryono
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Bung Karno di Kantor DPC PDIP Solo (dok.timlo.net/daryono)

Timlo.net — PDI Perjuangan mendorong pemerintahan Jokowi-JK untuk menetapkan Soekarno sebagai Bapak Bangsa. Hal ini agar ajaran-ajarannya diberi ruang untuk menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pendidikan kebangsaan.

Demikian salah satu butir rincian sikap politik Kongres IV PDI Perjuangan yang digelar di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Sabtu (11/4).

Selain itu, Kongres juga menyatakan, negara wajib untuk menetapkan Pancasila 1 Juni 1945 sebagai ideologi negara, sebagai bentuk penegasan kembali terhadap sikap politik para pendiri bangsa pada tanggal 18 Agustus 1945.

Palestina

Sementara itu, soal kebijakan politik luar negeri, Kongres menyatakan negara wajib mengembangkan prinsip bebas aktif yang mengutamakan kepentingan nasional (politik, keamanan dan ekonomi), kemanusiaan yang beradab, dan demokrasi.

“Menjadikan spirit Dasa Sila Bandung sebagai pedoman dalam membangun hubungan antar bangsa, termasuk tetap menyepakati kemerdekaan Palestina sebagai utang sejarah yang harus diperjuangkan bersama.” [tyo]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge