0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bisakah Kita Mengalami Overdosis Vitamin?

vitamin khloe kardashian
Vitamin yang dikonsumsi Khloe Kardashian. (Dok: Timlo.net/ Instagram.)

Timlo.net—Selebritis Khloe Kardashian memposting foto suplemen yang dia bawa dalam perjalanannya ke Armenia. “Vitamin party!”, katanya. “Saya tidak punya sebuah kotak obat karena semua pil yang saya konsumsi, kotak yang saya pakai besar dan menggelembung,” tambahnya.

Melihat foto yang dia posting, susah untuk mengatakan berapa banyak pil vitamin yang dia konsumsi. Tapi rupanya, ada sekitar 23 suplemen vitamin yang dia konsumsi per hari. Apakah merupakan hal yang sehat untuk mengkonsumsi vitamin sebanyak itu? Walaupun 23 suplemen vitamin per hari memang sedikit ekstrim, ahli diet di Kota New York, Amerika Serikat (AS) Jessica Cording berkata kepada Yahoo Health bahwa jumlah suplemen yang dikonsumsi tergantung pada kebutuhan sang pasien.

“Suplemen vitamin digunakan untuk memenuhi kekurangan yang ada pada pola makan Anda,” katanya. “Jika Anda makan makanan yang seimbang gizinya, Anda mungkin sudah memenuhi kebutuhan dasar Anda, kecuali Anda mengalami kekurangan gizi,” tambahnya.

Vitamin apa yang sebenarnya kita perlukan?

Ada banyak suplemen yang tidak kita butuhkan, kata Donald Hensrud, MD, dokter medis Healthy Living Program, Mayo Clinic. Tapi menurutnya ada beberapa suplemen yang layak dikonsumsi:

Vitamin D

Menurut penelitian, vitamin ini bisa memperbaiki kesehatan tulang, juga fungsi otot dan daya tahan tubuh. “Diperkirakan 20-50 persen populasi AS menderita kekurangan vitamin D,” katanya.

“Sekarang orang sadar akan hubungan antara terpaan sinar matahari dan kanker kulit, mereka menghindari sinar matahari. Padahal sinar itu adalah salah satu sumber vitamin D,” terangnya.

Dia merekomendasikan suplemen vitamin D3 dengan jumlah 1.000 UI per hari.

Kalsium

Suplemen kedua yang dia rekomendasikan adalah kalsium, yang memperbaiki kesehatan tulang. Akan tetapi, dia memperingatkan bahwa terlalu banyak kalsium bisa menimbulkan penyakit jantung. Asupan kalsium yang diperlukan adalah sekitar 1.000 mg per hari untuk orang dewasa.

Probiotik

Cording menyarankan masyarakat juga mempertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen probiotik. “Kesehatan kita umumnya tergantung dari kesehatan saluran pencernaan,” katanya. “Menjaga kesehatan saluran pencernaan adalah hal yang penting,” tambahnya.

Bahaya overdosis vitamin

Walaupun beberapa suplemen bermanfaat untuk kesehatan, Cording dan Hensrud memperingkatkan bahwa ada bahaya bila mengkonsumsi terlalu banyak vitamin. Dan bahaya overdosis ini tergantung dari jenis vitamin yang dikonsumsi. Vitamin yang larut dalam air seperti C dan B akan dibuang lewat air seni saat kita mengkonsumsi terlalu banyak.

Tapi overdosis vitamin tertentu yang larut dalam air bisa berbahaya. Misalnya vitamin B6, bila dikonsumsi terlalu banyak bisa mengakibatkan masalah syaraf. Sementara overdosis niasin menyebabkan kerusakan ginjal atau bahkan gagal ginjal.

Dosis vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A,E, D dan K yang besar akan membuat vitamin ini tersimpan dalam lemak tubuh dan bisa menyebabkan berbagai masalah. Misalnya tekanan pada saluran pencernaan dan penyakit lain yang lebih serius. Dua penelitian klinis yang diadakan pada pertengahan 1990-an, mengamati efek suplemen vitamin D dan beta-carotene pada para perokok. Penelitian ditunda setelah mereka menunjukkan gejala peningkatan resiko kanker paru-paru, penyakit jantung dan kematian.

Walaupun suplemen vitamin bisa meningkatkan kesehatan, kedua ahli kesehatan di atas menyarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral dari buah dan sayuran. “Pola makan yang terdiri dari sayuran dan berbagai sumber makanan bisa mengurangi resiko kanker, penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya,”kata Hensrud.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge