0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cegah Kebocoran, Naskah UN Dijaga Ketat Polisi

dok.timlo.net/tarmuji
Polisi bersenjata lengkap berjaga-jaga di tempat penyimpanan naskah UN di Disdik Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Meskipun Ujian Nasional (UN) bukan sebagai penentu kelulusan, namun demi mengantisipasi adanya kebocoran soal naskah UN untuk SMA/SMK, pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri meminta bantuan pengamanan dari kepolisian untuk menjaga keamanan naskah UN yang tiba di Aula Kopendik Disdik Wonogiri, Sabtu (11/4). Selain itu, pelaksanaan UN 13-15 April, baik UN manual maupun UN CBT mendapatkan pengamanan dari aparat kepolisian.

“Sifatnya pengamanan, petugas bisa saja di dalam area sekolah maupun hanya di luar sekolah penyelenggara UN,” ungkap Kepala Disdik Wonogiri Siswanto saat dijumpai wartawan di sela-sela penerimaan naskah soal UN SMA/SMK.

Siswanto mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Polres Wonogiri untuk pengamanan naskah soal UN untuk jenjang SMA, MA dan SMK. Menurut dia, hal itu dilakukan agar tidak terjadi kejadian yang tak diinginkan.

“Kita imbau agar aparat kepolisian yang berjaga di sekolah-sekolah untuk tidak berseragam atau bisa saja berpakaian intel,” katanya.

Ditambahkan, naskah soal UN yang dikirim ke Wonogiri terdiri dari 346 sampul untuk 6.370 siswa SMK dan 171 sampul untuk  2.988
peserta jenjang SMA/MA. UN tahun ini tidak melibatkan pengawas independen dari perguruan tinggi (PT) seperti tahun-tahun lalu.

“Pengawasan hanya secara silang antarguru sekolah,” jelas Siswanto.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge