0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Psikolog Dampingi Pengungsi Jenawi

dok.timlonet/nanang rahadian
Pengungsian di Balaidesa Menjing, Jenawi, Karanganyar (dok.timlonet/nanang rahadian)

Karanganyar — Kondisi psikis pengungsi bencana longsor dan tanah ambles Dusun Jambon, Desa Menjing, Kecamatan Jenawi, Karanganyar, usai tertahan tiga pekan di pengungsian kian menurun. Dari 273 pengungsi yang berada di Balai Desa Menjing dan Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Jenawi, tak sedikit yang mengalami kejenuhan hingga depresi.

“Kami datang memberikan suntikan motivasi dan hiburan kepada pengungsi di lokasi pengungsian, tanpa terkecuali,” ujar Shofwan Muis,  relawan Crisis Center Psikologi UNS, kepada wartawan, di Balai Desa Menjing, Jumat (10/4).

Ditambahkan, timnya sudah dua hari, sejak Kamis (9/4), berada lokasi pengungsian untuk memberikan bimbingan konseling dan motivasi kepada pengungsi dan games kepada anak-anak. Menurutnya, untuk kebutuhan sehari-hari seperti makan minum, suah lebih dari cukup. Namun, untuk psikologisnya mereka butuh pendampingan.

“Hari pertama penanganan psikis untuk oang tua, sedangkan hari kedua kami khususkan untuk pendampingan pada anak-anak,” jelasnya.

Untuk anak-anak, tambah Shofwan, pihaknya memberikan berbagai permainan dan mewarnai. Termasuk juga memberikan materi belajar efektif bagi anak-anak yang mau ikut ujian.

“Untuk anak-anak, yang penting bisa senang dan sejenak melupakan penderitaan mereka agar kembali fresh,” katanya.

Bersama dosen pembimbing, para anggota Crisis Center Psikologi UNS mencoba mendekati para pengungsi dan mendengar keluh kesah yang selama ini dirasakan. Shofwan mengatakan, mereka umumnya cemas akan kelanjutan soal kapan relokasi dipastikan.

“Katanya mereka diminta untuk tak lagi berada di pengungsian dan juga tak diperbolehkan kembali ke rumah. Sebab, mereka disuruh pindah sementara ke rumah saudara. Sehingga mereka masih cemas dengan kepastian nasib mereka,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge