0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengawasan Distribusi Pupuk Bersubsidi Diperketat

dok.timlo.net/nanin
Pemerintah pantau distribusi pupuk bersubsidi (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Distanbunhud mulai turun tangan menyusul dugaan banyaknya penyimpangan dan penimbunan distribusi pupuk bersubsidi di Boyolali. Dinas akan bekerjasama dengan Polres dan Kodim.

“Kita tingkatkan koordinasi untuk lebih waspada,”papar Kepala Distanbuhud Boyolali, Bambang Purwadi, Jumat (10/04).

Pengawasan distribusi pupuk bersubsidi akan lebih ketat dilakukan menyusul banyaknya kasus penimbunan dan penyalahgunaan pupuk bersubsidi yang ditangkap Polres Boyolali.  Diakui, selama ini distribusi pupuk bersubsidi diatur dengan sistem tertutup. Dimana kebutuhan pupuk disesuaikan dengan kebutuhan para petani. Namun di tingkat pengecer, distribusi pupuk dilakukan dengan sistem terbuka.

“Ini yang menyebabkan penyalahgunaan pupuk bersubsidi,” lanjutnya.

Pasalnya, petani bisa mendapatkan pupuk langsung ke pengecer. Pengecer pun tidak membatasi penjualan kepada petani. Hal ini disebabkan pengecer menginginkan stok pupuk yang dijual laku secepatnya untuk mempercepat perputaran uang. Sehingga dengan kembalinya modal,pengecer bisa mengambil jatah pupuknya di distributor.

“Kami menyambut positif dengan kegiatan pengwasan distribusi pupuk yang dilakukan Kodim dan Polres Boyolali,” tandasnya.

Hanya saja, pihaknya tidak berwenang memberikan sanksi terhadap pelaku yang terbukti melakukan pelanggaran dalam pendistribusian pupuk. Jika ada pengecer nakal, maka yang berhak memberikan sanksi adalah distributor. Sedangkan bila ada pelanggaran ditingkatan distributor, maka produsen yang akan memberikan sanksi.

Sebelumnya, Polres Boyolali berhasil mengungkap kasus penimbunan pupuk di Kecamatan Karanggede dan Sambi oleh pengecer tidak resmi. Sedangkan kasus di Kecamatan Andong berupa penyalahgunaan distribusi pupuk bersubsidi yang berasal dari wilayah Sambi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge