0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polri Bilang Petasan, Puskamnas Sebut Bom Rakitan

lokasi ledakan bom di Tanah Abang (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Insiden ledakan di Tanah Abang, Jakarta Pusat, diduga berasal dari sebuah bom rakitan. Alasannya, tidak ada petasan yang menggunakan bahan dasar bercampur paku.

“Semua bukti forensik ke arah sana. Tidak ada orang bikin petasan pakai paku,” kata Kepala Pusat Kajian Keamanan Nasional (Puskamnas) Prof Hermawan Sulistyo, Jumat (10/4).

Menurut dia, masyarakat akan ketakutan apabila Polri menyatakan ledakan di Tanah Abang berasal dari sebuah bom. Hal ini juga akan berdampak pada pelaku yang disinyalir akan merasa berhasil mencapai tujuannya menimbulkan teror di masyarakat.

“Reaksi mereka (Polri) tepat tapi tidak mau ngomong saja. Karena kami (Polri) ini tugasnya menenangkan masyarakat kok ngomongnya bikin takut,” ujarnya.

Seperti diketahui, Polri memastikan ledakan di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (8/4) bukan berasal dari bom. Kabagpenum Mabes Polri Kombes Rikwanto menyebut ledakan berasal dari petasan berukuran besar.

“Masyarakat bilang bom karena meledak. Tapi secara ilmiah itu bukan bom karena tidak ada detonator, tidak ada switch on-off, sumbu atau baterai. Jadi kami anggap petasan banting besar lah,” kata Rikwanto.

[siw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge