0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tanah Ambles Jenawi, Warga Harus Segera Direlokasi

Proses relokasi warga terdampak bencana longsor dan tanah ambles susulan di Dusun Jambon, Desa Menjing, Kecamatan Jenawi (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar – Proses relokasi warga terdampak bencana longsor dan tanah ambles susulan di Dusun Jambon, Desa Menjing, Kecamatan Jenawi, Karanganyar mulai menunjukkan tanda-tanda positif. Selepas pertemuan antar Komisi D DPRD Karanganyar bersama sejumlah instansi terkait, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar dan pemerintah desa setempat, diusulkan dua lokasi alternatif baru tanah kas desa untuk lahan relokasi.

“Ada enam alternatif di sekitar wilayah Desa Menjing, dan dua diantaranya yang dianggap layak,” ungkap Ketua Komisi D DPRD Karanganyar, Endang Muryani,, kepada wartawan usai pertemuan di Balai Desa Menjing, baru-baru ini.

Setelah mendapat rekomendasi kedua lokasi tersebut, DPRD akan mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk segera menindaklanjutinya. Apapun mekanismenya, Endang menyerahkan kepada Pemkab, selama tak menyalahi regulasi yang ada.

“Kemarin kan permasalahannya soal pembebasan tanah, sekarang sudah ada titik temu. Rekomendasi Badan Geologi tadi bisa menjadi dasar, sebab ada beberapa alternatif tanah yang ditawarkan oleh Pemerintah Desa,” sebutnya.

Terkait proses realisasi relokasi warga Desa Menjing itu sendiri, Endang menjelaskan, Pemkab masih harus menyelesaikan tahapan pertama relokasi yang tinggal diresmikan melalui Memorandum of Understanding (MoU). Hanya saja, lantaran masih ada pembahasan relokasi tahap kedua, maka proses MoU tersebut tertunda sembari menunggu kelengkapan administasinya.

“Yang pasti, kami dari Komisi D DPRD akan mengawal dan mengawasi prosesnya. Intinya GPL (Gak Pake Lama) itu tadi,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar, Samsi mengatakan, pihaknya akan segera meminta pemerintah desa setempat untuk melakukan pendataan penduduk. Relokasi warga harus segera dilaksanakan.

“Dengan tanah kas desa pun tak masalah. Asal segera dilakukan relokasi warga,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge