0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Berkali-Kali Nyolong Akik, 3 ABG Wonogiri Dibekuk

Batu akik (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Booming batu akik membuat semua orang dari segala usia pun memburunya. Selain eksotis, nilai jual akik cukup menggiurkan. Begitu pula dengan tiga anak baru gede (ABG) asal Kecamatan Jatisrono ini, sebut saja Bacan, Calsedon dan Safir. Gara-gara ingin memiliki batu akik, ketiga ABG ini nekat mencuri akik.

Ketiganya mencuri akik di beberapa tempat, yakni di arena pameran batu akik di Gedung Gotong Royong Jatisrono, pada Maret 2015 lalu. Tak hanya itu, tiga bocah tersebut juga mencuri sebanyak dua kali di Pasar Wage Jatisrono, Minggu (5/4). Namun, sepandai-pandainya tupai melompat, akhirnya ketiga pencuri cilik ini tertangkap, dan harus berhadapan dengan petugas.

“Total batu akik yang dicuri sebanyak 17 buah batu akik,” terang Kapolres Wonogiri AKBP Windro Akbar Panggabean diwakili Kasat Reskrim Polres Wonogiri AKP David Manurung melalui Kanit PPA Ipda Endang Murdiyanti, Jumat (10/4).

Menurut Ipda Endang, dari hasil pemeriksaan, motif ketiga ABG ini hanya ingin memiliki batu akik, dan tidak ada maksud untuk dijual. “Mereka mendatangi pameran batu akik dan pasar wage Jatisrono memang sengaja dan berencana untuk mencuri akik, salah satu sebagai otaknya, yang mengajak dua temannya untuk mencuri akik,” jelasnya.

Namun, aksi ketiganya dapat diketahui pengunjung Pasar Wage saat itu, kemudian menyerahkan ketiganya ke pihak yang berwajib. Dari ketiga anak itu, satu  merupakan anak putus sekolah, sementara dua anak masih sebagai pelajar sebuah SMP.

“Salah satu di antaranya berlatarbelakang kemiskinan, ayahnya bekerja sebagai tukang ojek di Jakarta, sedang ibunya dirumah namun mengidap gangguan jiwa,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge