0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dewan: Pilkada Jangan Abal-Abal

Kunjungan Komisi A DPRD Jateng ke KPUD Klaten (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Anggota Komisi A DPRD Jateng menyoroti political will antara Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan Pemerintah Daerah maupun DPRD kabupaten/kota dalam menyelenggarakan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak. Pasalnya beberapa KPUD di Jateng belum memiliki anggaran.

“Saat mengunjungi Kabupaten Pekalongan, ternyata KPUD setempat belum mendapat kepastian anggaran dari Pemkab maupun DPRD setempat. Sedangkan di Demak, dari anggaran Rp 21 miliar yang diajukan, Pemkab Demak baru bisa menyediakan Rp 4 miliar,” ungkap ketua rombongan sekaligus Wakil Ketua Komisi A DPRD Jateng, Fuad Hidayat, saat meninjau persiapan KPUD Klaten, Kamis (9/4).

Menurut Fuad, anggaran untuk melaksanakan tahapan Pilkada begitu vital. Mengingat, gelaran Pilkada di Jateng pada tahun 2015 ada 21 kabupaten/kota yang akan memilih bupati/walikota baru. Sehingga perlu dicarikan solusi secepatnya agar mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah maupun DPRD kabupaten/kota setempat.

Hal senada juga disampaikan anggota Komisi A lainnya, Bambang Joyo Supeno. Menurut dia, ada tujuh parameter yang dijadikannya sebagai acuan persiapan KPU. Salah satunya political will.

“Dari temuan itu (Demak dan Pekalongan), ternyata masih ada Bupati atau Walikota, bahkan anggota DPRD yang tidak peduli dengan pembiayaan Pilkada. Ini sangat krusial dan kalau perlu Gubernur juga kita desak untuk menyentilnya. Jangan sampai, penyelenggaraan Pilkada berlangsung abal-abal atau KW, karena ketersediaan anggaran tidak sesuai kebutuhan,” nilai Bambang Joyo Supeno.

Menanggapi itu, Ketua KPUD Klaten Siti Farida mengatakan, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dengan Pemkab Klaten menyangkut anggaran Pilkada 2015. Dikatakan, Pemkab Klaten sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 23 miliar untuk penyelenggaraan Pilkada Desember mendatang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge