0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lomba Tanam Padi Tingkat SD, Tumbuhkan Kecintaan Pada Pertanian

timlo.net/nanang rahadian
lomba tanam padi (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — SDN 3 Plosorejo menjadi juara pertama dalam Lomba Tanam Padi Tingkat SD se-kecamatan Matesih di Desa Plosorejo, Kamis (9/4). Sedangkan SDN 3 Karangbangun dan SDN 2 Karangbangun masing-masing di posisi kedua dan ketiga. Mereka dinilai memenuhi penilaian kecepatan, ragam jarak tanam, jumlah bibit, kedalaman tanam dan kekompakan tanam.

“Kami bermaksud untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak pada pertanian,” ungkap Ketua Perhiptani Karanganyar, Aris Ridho yang ditemui wartawan usai lomba, Kamis (9/4).

Meski bertajuk lomba, tambah Aris, ada edukasi tersendiri yang hendak disampaikan kepada siswa. Panitia coba untuk mengarahkan para generasi muda, untuk melirik kembali dunia pertanian yang kian minim diminati. Mereka dikenalkan kembali pada dunia cocok tanam.

“Lomba ini bisa menjadi agenda rutin, supaya kecintaan generasi muda terhadap pertanian tumbuh,” sebutnya.

Sementara itu, Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengemukakan, amat penting bagi anak-anak untuk dikenalkan cara menanam dan memanen padi. Namun dirinya meminta agar anak-anak tak diarahkan menjadi petani, melainkan pemilik sawah yang mengelola lahan dengan teknologi mekanisasi.

“Ini bisa menjadi contoh nasional. Bukan jadi petani, tapi pemilik sawah. Namun penting juga tahu macul dan nandur,” tandasnya.

Seperti diketahui, Sebanyak 33 regu dari SD se-Kecamatan Matesih ikut ambil bagian dalam Lomba Tanam Padi Tingkat SD setempat, di kawasan Desa Plosorejo, Matesih, Kamis (9/4). Di atas lahan sawah terbentang seluas kurang lebih 300 meter persegi, masing-masing regu yang terdiri dari 4 anak tersebut bahu-membahu menebar benih padi IR 64.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge