0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tower Tersambar Petir, Layanan e-KTP Lumpuh

dok.timlo.net/redaksi
KTP Elektronik atau e-KTP (dok.timlo.net/redaksi)

Klaten – Layanan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kantor Kecamatan Juwiring dalam lima bulan terakhir lumpuh. Pasalnya, tower jaringan intranet tersambar petir semenjak pertengahan November tahun lalu.

“Tower tersambar petir pada 19 Novenber 2014 lalu. Akibatnya, server menjadi terbakar dan pelayanan rekam data e-KTP pun lumpuh. Bahkan beberapa peralatan elektronik disini juga rusak,” ujar Kasi Pemerintahan Kecamatan Juwiring, Sugiran, Kamis (9/4).

Disinggung sudah melaporkan tidaknya persoalan tersebut, Sugiran mengaku sudah menyampaikannya kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Klaten. Namun demikian, perbaikan akan dilakukan secara bergiliran. Sebab, pengadaan tower jaringan intranet berasal dari Jakarta, bukan dari Pemerintah Kabupaten Klaten.

“Sebenarnya sudah ada langkah antisipasi dengan sistem penangkal petir pada tower intranetnya. Tapi nyatanya sambaran petir begitu kuat hingga server kami menjadi terbakar. Padahal kecamatan (Juwiring, red)  tidak memiliki anggaran untuk perawatan, meski pemeliharaannya dibebankan pada kami,” sebutnya.

Akibat peristiwa itu, perekaman data e-KTP dari Kecamatan Juwiring tidak bisa dilakukan secara online. Bahkan peralatan perekaman e-KTP belum digunakan dan dibiarkan saja di pojok ruangan layanan catatan kependudukan. “Ya mau bagaimana lagi, terpaksa masyarakat kami alihkan menuju Kantor Disdukcapil Klaten,” imbuh Sugiran.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge