0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

20 April, Candi Sukuh Dibongkar

timlo.net/nanang rahadian
BAngunan utama Candi Sukuh yang akan dibongkar (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Rencana pemugaran Candi Sukuh mundur dari yang ditetapkan semula. Tim pemugaran Candi Sukuh dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah (Jateng) akan memulai tahap pemugaran dan penelitian pada akhir Maret. Namun pada akhirnya ditetapkan pada Senin (20/4) mendatang.

“Kami masih fokus menyiapkan kebutuhan alat dan bahan. Setelah itu kami siap bekerja (memugar Candi Induk Sukuh-red),” kata Koordinator Tim Pemugaran Candi Induk Sukuh, Sudarno saat dihubungi wartawan.

Sudarno mengatakan, proses pemugaran akan melibatkan sejumlah ahli dari Candi Prambanan, BPCB Jateng, dan lain-lain. Dia menjelaskan, proses pemugaran Candi Induk Sukuh dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama adalah pemugaran dan penelitian. Tahap kedua adalah penyelesaian.

” Tahap kedua akan dilaksanakan pada 2016 mendatang,” jelasnya.

Saat ini, tim sudah mulai memberikan nomor pada gambar batu Candi Induk Sukuh. Tiap batu pada gambar itu diberi nomor. Selanjutnya pekerja lapangan akan memindahkan nomor pada gambar ke batu Candi Induk Sukuh. Dia memprediksi persiapan proses pemugaran rampung pertengahan Mei.

“Kami juga akan melibatkan warga sekitar Candi Sukuh untuk membantu proses pemugaran,” jelasnya.

Seperti diketahui, BPCB Jateng akan membongkar bangunan utama Candi Sukuh. Candi yang terletak di Kecamatan Ngargoyoso tersebut terancam roboh lantaran pondasinya berongga. Hal tersebut diakibatkan penurunan struktur tanahnya.

Selama proses renovasi, tambah Sudarno, wisatawan masih diperkenankan mengunjungi candi peninggalan kerajaan Majapahit tersebut. Namun, hanya bagian-bagian tertentu saja.

“Untuk bangunan utama, tentunya tertutup untuk wisatawan. Yang Utama adalah alasan keamanan,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge