0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lokasi Bekas Tambang Pasir Perlu Reklamasi

dok.timlo.net
(Ilustrasi) Penambang galian C (dok.timlo.net)

Wonogiri — Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto menandaskan, permasalahan pertambangan liar yang dilakukan oleh rakyat, perlu adanya sinergitas lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menanganinya. Terlebih, pemerintah sendiri telah mewanti-wanti agar pelaku tambang liar untuk alih profesi jika tak ingin terjadi petaka. Selain itu, juga perlunya reklamasi area tambang. Agar dikemudian hari tidak menimbulkan bencana alam.

“Peran pemerintah sangat diperlukan untuk mengatasi tambang liar ini supaya tidak ada korban jiwa lagi,” ungkapnya,Kamis(9/4).

Menurut Bambang, peran serta lintas SKPD diperlukan. SKPD yang perlu dilibatkan, di antaranya SKPD Tehnis, baik itu DPESDM, Disnakertrans, Dispertan TPH, Disnakperla, Dinsos, Disperindag dan lain-lain agar pelaku usaha pertambangan diberikan beberapa alternatif untuk alih profesi.

Selain itu, menurut Bambang, meskipun sebagai sarana mendapatkan penghasilan, di sisi lain apa yang dilakukan penambang dapat merusak lingkungan karena sampai saat ini belum pernah ada upaya reklamasi bekas tambang.

“Yang tak kalah penting eks tambang harus segera ada langkah-langkah reklamasi,” tegasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge