0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Suplemen Minyak Ikan Bisa Ganggu Kemoterapi

minyak ikan
Minyak ikan. (Dok: Timlo.net/ VOA News.)

Timlo.net—Para ahli kesehatan selalu menyarankan para pasien mereka untuk banyak makan ikan karena minyaknya baik untuk kesehatan. Tapi sekarang, para peneliti berkata bahwa minyak ikan bisa menghalangi perawatan kanker dengan membuat proses kometerapi kurang efektif.

Para peneliti berkata bahwa beberapa suplemen minyak ikan mengganggu metabolisme kemoterapi, dalam cara mengizinkan sel-sel kanker terbentuk kembali setelah perawatan selesai. Untuk alasan itu, para ahli berkata penderita kanker harus menghindari suplemen ini sebelum dan setelah sesi kemoterapi. Mereka juga tidak menyarankan pasien untuk makan ikan berminyak seperti ikan herring atau mackerel dalam periode 48 jam sebelum dan setelah kemoterapi.

Sebuah penelitian terbaru di Belanda, yang diterbitkan di jurnal JAMA Oncology, mengamati kandungan asam lemak pada darah yang dianggap mengganggu perawatan kanker. Salah satunya adalah minyak omega-3 pada ikan.

Tes darah dilakukan pada para relawan yang sehat, yang mengkonsumsi suplemen minyak. Hasilnya, minyak ikan tetap ada di dalam darah selama 8 jam dan kadang-kadang lebih lama, tergantung jumlah yang dikonsumsi.

Suplemen minyak ikan umumnya dikonsumsi banyak pasien kanker di Amerika Serikat (AS) dan negara-negara lain sebagai bagian dari perubahan gaya hidup demi kesehatan. Dan, banyak orang lain yang juga mengkonsumsi minyak ini untuk alasan-alasan lain.

Dua tahun lalu, penelitian di Journal of the National Cancer Institute melaporkan adanya hubungan antara minyak omega-3 dan bertambahnya resiko kanker prostat.

Sumber: VOA News.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge