0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kafe Jamu di Karanganyar Belum Ditarik Retribusi

Kafe Jamu (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — ¬†Pemkab Karanganyar belum menarik retribusi sewa terhadap pemanfaatan enam kios Kafe Jamu di kawasan Alun-Alun Karanganyar. Kafe Jamu yang diresmikan pada 18 Februari lalu tersebut, saat ini digunakan Balai Penelitian Tanaman Obat (BPTO) Tawangmangu untuk mendisplai produk herbal, serta lima organisasi yakni GOW Karanganyar, PKK, Dharma Wanita, Yayasan Giribangun dan Dekranasda untuk menjual produk-produk pendukung.

“Pak Bupati minta jangan ditarik retribusi dulu. Karena ini masih baru, masih perlu pengenalan ke masyarakat,” kata Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah (Setda) Karanganyar Slamet Sanyoto saat ditemui wartawan, belum lama ini.

Selain sewa kios, lanjut Slamet, penggunaan listrik dan air pun, saat ini belum dibebankan ke pihak yang menempati kios. Namun masih menjadi tanggungan Bagian Umum Setda sebagai pengelola kios.

“Nanti yang mengurusi pembayaran Bagian Perlengkapan dan Keuangan,” jelasnya

Slamet menambahkan, keberadaan Kafe Jamu, tak lepas dari BPTO di Tawangmangu. Selama ini, banyak masyarakat yang butuh produk herbal dari tanaman obat hasil pengembangan BPTO, yang harus ke Tawangmangu untuk mendapatkannya. Pemkab membangun Kafe Jamu ini, dengan tujuan untuk mendekatkan BPTO dengan masyarakat.

“Jadi yang butuh produk dari BPTO, tidak harus ke Tawangmangu. Memang tidak semua produk ada di kafe ini, tapi paling tidak sebagian bisa diperoleh di kota tanpa harus jauh-jauh ke Tawangmangu,” terangnya.

Untuk menarik masyarakat, Pemkab akan membangun sejumlah wahana pengunjung di sekitar kafe yang buka pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB. Salah satunya air mancur, yang bakal dibangun tahun ini. Tahun depan, juga akan dibangun sejumlah kios tambahan.

“Penataan akan terus dilakukan, agar keberadaan Kafe Jamu semakin dikenal dan jadi jujugan masyarakat,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge