0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pendataan Keluarga di Klaten Menyasar 360 ribu KK

Sosialisasi pendataan keluarga (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten – Pada bulan Mei mendatang, kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Klaten akan menerjunkan tiga ribu kadernya untuk melakukan Pendataan Keluarga. Hal itu disampaikan Kepala kantor PPKB Klaten, Siti Aisyah Agustien.

“Pendataan Keluarga pada tanggal satu hingga 31 Mei 2015 ini akan melibatkan sekitar tiga ribu kader dibawah pembinaan penyuluh Keluarga Berencana (KB) atau petugas lapangan KB. Sedangkan sasaran pendataan mencapai 360 ribu Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Klaten,” ujarnya pada acara Sosialisasi Pendataan Keluarga di Gedung Dharma Wanita Klaten, Rabu (8/4).

Dijelaskan Siti, pendataan dilakukan oleh kader yang sudah mengikuti pelatihan. Dengan satu tim pendata berisi tiga orang, mereka diterjunkan ke suatu Dusun atau Rukun Warga (RW) untuk menggali tiga aspek pendataan. Aspek data tersebut meliputi data kependudukan, data keluarga berencana, dan data pembangunan keluarga.

“Maksimal tiga orang dengan satu supervisor yang mendata lima RW atau maksimal 300 KK. Mereka akan mengunjungi dari rumah ke rumah secara berurutan, dan akan memandu tiap keluarga untuk mengisi formulir F/I/PK/15 atau pendataan keluarga,” jelasnya.

Sedangkan Kepala Perwakilan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Tengah, Tjondrorini, mengatakan bahwa pemerintah daerah wajib melaksanakan pendataan keluarga sesuai Undang-Undang (UU) No 52 Tahun 2009 Pasal 49.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge