0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Disperindag Temukan Mainan Anak Tidak Ber-SNI

dok.timlo.net/setyo puji s
Petugas Satpol PP saat memeriksa barang dagangan di sebuah toko (dok.timlo.net/setyo puji s)

Solo – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Solo menggelar sidak pengawasan mutu di sejumlah toko, Rabu (8/4). Dalam sidak yang dilakukan tersebut berhasil ditemukan beberapa produk mainan anak yang belum terdaftar Standar Nasional Industri (SNI).

“Dari temuan ini kita himbau kepada penjual yang bersangkutan untuk tidak mendisplai barangnya. Namun jika tetap tidak diindahkan tidak menutup kemungkinan kedepan akan kita lakukan penindakan berupa penyitaan,” ujar Kasi Pengawasan Disperindag, Solo Sri Hening Widyastuti kepada wartawan, Rabu (8/4).

Ia menuturkan, langkah tersebut dilakukan selain sebagai salah satu upaya untuk menjamin perlindungan bagi konsumen juga dalam rangka persiapan menyambut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)

“Karena di dalam MEA nanti semua barang harus ber-SNI. Dan untuk barang impor seperti elektronik harus ada kartu garansi serta buku petunjuk dalam bahasa indonesia,” jelasnya.

Sementara itu pemilik Toko mainan Sumber Jaya, Andre Sutanto mengakui ada beberapa barang daganganya yang belum menggunakan logo SNI. Namun demikian dirinya berjanji akan memperbaiki dengan menarik sementara barang dagangannya tersebut.

“Sebenarnya sudah terdaftar SNI, hanya saja ada beberapa barang yang belum sempat dipasang stiker SNI nya,” tandasnya.

Editor : Eddie Mutaqin

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge