0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

4 Tahun, Terjadi 21 Juta Kasus Kejahatan pada Anak

Ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Kasus kejahatan dan kekerasan pada anak dan perempuan di Indonesia terus mengalami peningkatan. Ironisnya, tren pelaku kekerasan kejahatan seksual justru berpindah ke anak-anak. Saat ini, pelaku kekerasan dan kejahatan seksual adalah anak-anak.

“Trennya sekarang seperti itu, dulu anak-anak menjadi korbannya, sekarang justru mereka menjadi pelaku, ini sudah darurat,” jelas Ketua Komnas Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait ditemui di Boyolali, Rabu (8/4).

Dari data yang ada di Komnas Perlindungan Anak, tercatat sejak tahun 2010-2014 jumlah kasus kekerasan dan kejahatan pada anak dan perempuan sebanyak 21 juta kasus dan 52 % kejahatan seksual anak dan perempuan. Meliputi 179 kabupaten/kota di 34 provinsi, untuk  Jawa Tengah berada di urutan 12 kasus kejahatan seksual, dengan jumlah 1.600 kasus. Sedang Boyolali termasuk dalam kategori tinggi.

“Dari jumlah kejahatan seksual tersebut, pada tahun 2013 sebanyak 14 persen ternyata dilakukan anak-anak, di tahun 2014 mengalami peningkatan sebanyak 26 %, ini sangat tragis sekali,” imbuh Arist.

Menurut Arist Sirait, khusus untuk kejahatan seksual pada anak ternyata banyak dilakukan oleh orang terdekat korban kejahatan seksual. Dengan tingginya presentase kasus kejahatan kekerasan dan seksual pada anak, menurutnya saat ini tingkatannya sudah masuk kategori dadurat.

“Harus ada deklarasi untuk anak-anak bahwa mereka bukan sebagai sasaran kejahatan kekerasan ataupun seksual,” kata Sirait.

Sementara itu Bupati Boyolali Seno Samodro akan mendorong berbagai kebijakan dan pembangungan infrastruktur yang mengakomodir hak serta kebutuhan anak dan perempuan. Antara lain pembangunan tiga taman di kawasan kota berkonsep ramah anak.

“Anak dan perempuan harus mendapat jaminan tidak menjadi korban kekerasan maupun tindak kejahatan,” ujar Bupati.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge