0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sambil Kerja Serabutan, Donatus Akhirnya Lulus Sarjana

dok.timlo.net/tyo eka
Albertus Donatus Nuho Komek (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo —  Di antara lulusan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta yang bakal diwisuda pada acara Wisuda Unisri Peiode I Tahun 2015, Sabtu (11/4) mendatang, terdapat lulusan bernama Donatus.

“Nama lengkap saya Albertus Donatus Nuho Komek,” ungkap pemilik nama tersebut di sela-sela acara jumpa pers Rencana Wisuda Unisri, di Kampus Unisri Solo, Rabu (8/4).

Donatus mengisahkan, masuk Unisri pada tahun 2008 dengan tekat belajar menimba Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris. Ia merupakan anak bungsu berasal dari keluarga tidak mampu. Karena berasal dari keluarga tidak mampu, maka kiriman uang dari orangtuanya sering terlambat atau tidak sama sekali.

“Karena itu, untuk menyambung hidup dan biaya studi, saya harus kerja. Ya, kerja serabutan,” ujar Donatus.

Donatus mengaku pernah jualan asong minuman teh, tukang cuci mobil dan motor, pembantu rumah tangga, penunggu rumah dan sebagainya. Kerjaan serabutan itu tujuannya untuk membiayai hidup sekaligus biaya kuliah. “Kiriman memang kadang ada, tetapi tidak banyak,” ujarnya.

Oleh karena harus bekerja serabutan, Donatus mengaku kuliahnya menjadi berlarut-larut lama, hingga delapan tahun. Tetapi tidak mengapa, baginya yang penting pulang sudah menyandang sarjana dan ingin membangun desanya dari keterbelakangan.

“Modal saya memang semangat. Semangat membangun desa,” ujarnya.

Seusai diwisuda sebagai sarjana pendidikan bahasa Inggris, Donatus menyatakan akan langsung pulang ke kampungnya, dan menjadi guru di desanya. “Anak-anak, remaja di desa saya harus bangun dan maju,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge