0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tony Abbott Terus Menekan Jokowi

PM Australia, Tony Abbott (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Pemerintah Australia terus berupaya menggagalkan eksekusi mati dua terpidana kasus narkoba, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran. Sebelumnya, upaya banding kedua terpidana mati itu ditolak pengadilan.

“Kami terus melakukan segala upaya yang memungkinkan bisa menyelamatkan mereka, Itulah yang sedang kita lakukan. Semua orang tahu posisi Australia pada hukuman mati,” kata Perdana Menteri Australia, Tony Abbott dalam komentar pertamanya sejak keputusan Senin lalu, seperti dilansir Channel NewsAsia, Rabu (8/4).

Diketahui, Senin, (6/4), PTUN Jakarta telah menolak upaya banding dua kelompok ‘Bali Nine’ terhadap permohonan grasi. Kepala hukum Indonesia kemudian mengatakan mereka sudah tidak punya pilihan apapun lagi demi menghindari hukuman mati. Namun pengacara mereka, Todung Mulya Lubis, bersikeras jalur hukum tetap ada dan terbuka.

Pada awal tahun ini, upaya banding ‘Bali Nine’ tersebut tela mengusahakan grasi, demi menghindari hukuman mati oleh regu tembak lapas Nusa Kambangan. Namun Presiden Indonesia Joko Widodo keras menolak hal tersebut dengan alasan kedaulatan hukum Indonesia yang tegas memerangi darurat Narkoba.

Dalam kesempatan lain, Tony Abbot, mengklaim ia telah membicarakan kembali seputar hal ini dengan Jokowi, mengenai ketegasan Australia dalam menyelamatkan warga negaranya.

“Saya telah berbicara ulang dalam sebuah kesempatan dengan Presiden Widodo tentang masalah ini. Saya menegaskan posisi kami dengan sangat jelas,” kata Abbott tanpa merinci kapan sambungan telepon itu berlangsung.

[ard]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge