0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

25 Bal Rokok Salah Cukai Didenda Rp 400 Juta

Operasi rokok ilegal di Sukoharjo (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Kantor Pengawasan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta, pada Bulan Februari 2015 menindak pelanggaran cukai di Grogol, Sukoharjo. Petugas menemukan sekitar 25 bal rokok dengan cukai tidak pada peruntukannya.

“Kita temukan pada saat sedang melakukan spot check di Kecamatan Grogol, ada sekitar 25 bal kita temukan rokok yang mestinya dengan cukai SKM diberi cukai SKT,” kata petugas penindakan Kantor Bea dan Cukai Surakarta, Dody Putrautama, Rabu (8/4).

Dijelaskan, ada selish cukup lumayan anatara cukai Sigaret Kretek Mesin (SKM) dengan Sigaret Kretek Tangan (SKT). Cukai SKT Rp 85 per batang, sedangkan untuk cukai SKM Rp 275 per batang, sehingga sering dilakukan upaya penyalah gunaan.

Sedangkan untuk pelanggaran penyalahgunaan cukai didenda dua kali lipat dari nilai cukai sebanrnya. Dan jika masih kembali melakukan pelanggaran yang sama, akan diberikan sanksi berupa denda maksimal 10 kali lipat. Dari hasil 25 bal pada Bulan Februari kemarin, Kantor Pengawasan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta menjatuhkan denda sebesar Rp 400 juta kepada pelaku pelanggaran.

“Maksimal kita denda hingga sepuluh kali lipat dari nilai cukai, dan jika masih melakukan  pelanggaran kita bisa cabut ijin usahanya,” tandas Dody, usai mengiktui razia rokok ilegal di Sukoharjo.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge