0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BBM Bantu Ungkap Kasus Korupsi di Brazil

Dok: Timlo.net/ Google Play
BBM di Android. (Dok: Timlo.net/ Google Play)

Timlo.net—Jika Anda berencana untuk melakukan tindak kejahatan, Anda mungkin harus menghindari penggunaan aplikasi perpesanan untuk membahas rencana Anda. Lihatlah yang terjadi di Brazil, di mana layanan perpesanan BlackBerry Messenger (BBM) memegang peranan penting dalam mengungkap skandal korupsi besar di sana.

Hingga saat ini, penegak hukum di Brazil bergantung pada pengakuan dari orang dalam perusahaan atau badan yang bersangkutan. Dan dengan pengakuan itu, mereka mengungkap praktek cuci uang dan suap yang melibatkan berbagai pihak mulai dari anggota legislatif hingga kontraktor. Akan tetapi, kali ini penegak hukum memperoleh ribuan pesan chat BBM yang dikirim oleh para koruptor dalam kasus ini. Berkat pesan itu, penegak hukum bisa menyeret lebih dari 100 orang ke meja hijau. Sebanyak 50 orang yang terlibat adalah politisi Brazil.

Disebut sebagai Operation Car Wash, kasus ini melibatkan beberapa pejabat tinggi dari perusahaan konstruksi besar di Brazil. Mereka berkonspirasi dengan orang-orang di dalam Petrobras, sebuah perusahaan minyak di negara itu.  Para pelaku lantas mengambil uang hingga ratusan juta dollar secara ilegal dari Petrobras.

Dari seratus orang yang terlibat, empat di antaranya adalah pejabat Petrobras dan 23 merupakan petinggi di perusahaan konstruksi. Para pengacara mereka menolak dugaan keterlibatan klien mereka, menolak berkomentar atau berkata bahwa klien mereka bekerja sama dengan pihak penegak hukum.

Salah satu pengacara terdakwa, Edward Carvalho, berkata bahwa polisi Brazil memperoleh bukti berupa pesan chat secara ilegal. Akan tetapi, polisi berkata bahwa mereka memperoleh bukti chat BBM itu sesuai prosedur hukum.

Sumber: Digital Trends.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge