0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mobil Pintar Google Berhasil Hindari Sapi

Dok: Timlo.net/ Google.
Mobil otomatis Google. (Dok: Timlo.net/ Google.)

Timlo.net—Mobil tanpa sopir akhir-akhir ini ramai dibicarakan di internet. Berbagai perusahaan mulai dari Google hingga Uber dan Mercedes-Benz sibuk mengembangkan teknologi mobil tanpa sopir mereka sendiri. Bahkan, Uber bekerja sama dengan Carnegie Mellon untuk menciptakan the Advanced Technology Center yang khusus diperuntukkan bagi pengembangan kendaraan tanpa sopir. Jika Anda seorang teknisi, Anda beruntung karena mereka juga membuka lowongan untuk teknisi mesin mobil. Google berusaha untuk mendahului perusahaan lain, dan sepertinya berada di posisi terdepan karena mobil pintarnya bisa menghindari sapi dan halangan lain di jalan.

Google baru saja memperoleh sebuah paten “detecting that an autonomous vehicle is in a stuck condition,” atau mendeteksi bila kendaraan otomatis terhalang obyek. Dan salah satu contoh di mana perusahaan itu menggunakan paten ini adalah saat mobil buatan mereka berjalan menghindari sekelompok sapi yang menghalangi jalan.

Saat mobil itu terhalang, entah karena sapi, pembangunan jalan atau mogok, sebuah solusi yang ada adalah meminta tolong terhadap pusat bantuan, di mana seorang spesialis akan menganalisa data dari sensor mobil. Spesialis itu bisa mengumpulkan informasi dalam bentuk video dan foto dari kamera di mobil. Kemudian dia akan memberikan perintah pada mobil untuk keluar dari halangan.

Google bukanlah satu-satunya yang mengerjakan mobil tanpa sopir. Mercedes-Bens memiliki sejumlah teknologi menakjubkan dalam penelitian mobil tanpa sopir.

Sumber: Slashgear.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge