0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Solo Dilaporkan ke KPPU

dok.timlo.net/achmad khalik
Ketua SIPDEPT, Arif Sahudi (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — ┬áPemerintah Kota (Pemkot) Solo dilaporkan ke Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Selasa (7/4), oleh Solo Institute Civil Policy and Development (SIPDEPT). Pemkot diduga melakukan persekongkolan atau kompetisi yang tidak fair atas lelang dua proyek di lingkungan Pemkot.

Ketua SIPDEPT, Arif Sahudi mengatakan, laporan itu disampaikan atas telaah pihaknya pada sejumlah proyek pembangunan Terminal Tirtonadi 2013, 2014 dan pembangunan Kantor Pelayanan 2014, 2015.

Menurut Arif, pada proyek pembangunan Kantor Pelayanan 2014 dimenangkan PT Surya Bayu Sejahtera dan pada proyek Pembangunan Kantor Pelayanan Kantor 2015 dimenangkan PT Karsa Bayu Bangun Perkasa. Sedangkan untuk proyek pembangunan Terminal, tahun 2013 dimenangkan PT Karsa Bayu Bangun Perkasa dan pada 2014 dimenangkan PT Surya Bayu Sejahtera.

“Berdasar informasi di Web LPSE (Lembaga Pengadaan Sistem Elektronik), pemenang proyek kontraktor yang sama dan hanya selang seling,” katanya kepada wartawan, Selasa (7/4).

Dia melanjutkan, kontraktor pemenang pada proyek itu juga memenangkan lelang dengan penawaran yang hanya selisih Rp 100- Rp 200 juta dari harga penawaran. Hal itu berbeda dengan pemenang lelang pembangunan Museum Keris dimana selisih lelangnya bisa mencapai Rp 1,5 miliar.

Lebih jauh, Arif curiga terjadi persekongkolan dalam proyek itu. Pasalnya, dalam setiap lelang hanya diikuti 3-4 peserta. Dari 3-4 peserta itu kemudian hanya 1 peserta yang mengajukan penawaran serius.

“Proses ini nampaknya hanya untuk sekadar memenuhi persyaratan untuk menghindari batal/gagal lelang,” ungkap Ketua DPC PPP Solo ini.

Temuan SIPDEPT juga ditembuskan ke Pimpinan DPRD Solo dan Walikota Solo. Arif berharap temuan tersebut bisa menjadi evaluasi dalam penyelenggaraan lelang proyek-proyek Pemkot Solo agar tidak terjadi pemborosan kas daerah.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge