0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

4 Daerah di Jateng Belum Bentuk BNPB

dok.timlo.net/nanin
Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Boyolali (dok.timlo.net/nanin)

Solo – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendesak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah segera membentuk BPBD kabupaten di 4 daerah. Lantaran dari 35 kabupaten/kota yang ada di Jateng, hanya empat daerah tersebut yang belum memiliki BPBD.

“Sebenarnya ada lima kabupaten, tetapi Kabupaten Wonosobo sudah akan dilakukan pelantikan. Jadi tinggal empat kabupaten, yakni Kota Salatiga, Kabupaten Tegal, Kabupaten Sragen dan Kabupaten Magelang,” kata Kepala Pelaksana Harian BPDB Jateng, Sarwo Pramana dalam Forum Komunikasi Wartawan bertajuk “Peningkatan Kapasitas Wartawan dalam Penanggulangan Bencana”, Selasa (7/4).

Sarwo mengatakan, pembentukan BPBD kabupaten ini sangat penting berdasarkan Undang-Undang (UU) No 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Setiap daerah, lanjut Sarwo, wajib memiliki BPBD untuk memaksimalkan kerja pemerintah dalam menangani bencana.

Ditambahkan, berdasarkan data yang dimiliki BNPB, Provinsi Jateng merupakan daerah yang memiliki potensi bencana yang cukup tinggi. Karena itulah pihaknya meminta kepada pemda yang belum memiliki BPBD untuk segera membentuk badan tingkat daerah untuk mengatasi bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

“Saya sudah mendesak kepada pemerintah daerah untuk bisa merealisasikan pembentukan badan ini, jangan menunggu bencana terjadi baru dibentuk, karena sekarang BNPB itu bukan memaksimalkan penanganan bencana saja. Melainkan juga pengurangan tingkat resiko bencana yang terjadi, termasuk di dalamnya ada pencegahan dan penanganan usai bencana,” katanya.

Rencananya BPBD Provinsi Jateng akan segera bertemu dengan masing-masing pimpinan daerah untuk membahas pembentukan ini.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge