0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2000 KK Gondangrejo Tak Punya Jamban

dok.timlo.net/nanang
Bupati Karanganyar saat meninjau PSN dan sanitasi warga (dok.timlo.net/nanang)

Karanganyar — Sebanyak 215 Kepala Keluarga (KK) di Desa Plesungan, Kecamatan Gondangrejo belum memiliki jamban yang layak. Jumlah tersebut hanya sebagian kecil dari 2.000 KK di Kecamatan Gondangrejo yang juga belum memiliki sanitasi dasar.

“Upaya kita adalah membuatkan fasilitas BAB yang layak lewat program jambanisasi,” kata Kabid Pemberantasan Penyakit Menular Masyarakat DKK Karanganyar Fatkhul Munir saat ditemui wartawan disela-sela Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk. (PSN) di Desa Plesungan, Kecamatan Gondangrejo, Senin (6/4).

Dia mengatakan, progam itu nantinya akan dibuat terpadu dengan proses penyadaran dan penyuluhan kepada masyarakat. Sebab tanpa diberikan pengertian dan penyadaran, bisa jadi sudah dibuatkan jamban namun tidak akan dipakai karena warga sudah terbiasa buang air di manapun dia suka.

“Selain program fisiknya (pembuatan jamban-red) juga dilakukan sosialisasi dan penyadaran cara hidup sehat pada masyarakat,” kata dia.

Sementara itu, Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan, pendataan akan segera dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kebutuhan jambannya. Jika memang memungkinkan pembuatan jamban tiap rumah yang belum memiliki. Namun, jika memang tidak memungkinkan, akan dibuatkan jamban komunal.

“Kita akan bantu infrastrukturnya, gulubanyak atau klosetnya dari kita, nanti warga gotong royong pembuatannya. Kita harapkan tahun 2015 ini seluruh warga Karanganyar sudah memiliki jamban yang layak,” kata Juliyatmono.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge