0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TimloMagz

Inner Beauty Ala Puteri Keraton

foto: David
(foto: David)

Timlo.net – Kecantikan putri-putri keraton sudah termahsyur hingga seantero Nusantara. Rahasia apa yang menjadi ramuan perawatan tubuh itu, hingga kini tetap tersimpan rapat di balik dinding Keraton. Nah, pada kesempatan ini, TimloMagz akan mengungkap tentang rahasia kecantikan putri Keraton Kasunanan Surakarta.

Pada pertengah bulan lalu, tim menyambangi sebuah rumah di kawasan sebelah timur Istana Mangkunegaran. Tepatnya di depan Pamedan Mangkunegaran. Rimbunnya sejumlah pohon membuat teduh halaman rumah itu, meski cuaca sedang terik. Di rumah sederhana itulah, tinggal salah satu pakar kecantikan sekaligus perias keraton, Raden Ayu (RAy) Tasikwulan Heru Suronegoro.

Beberapa saat kemudian, seorang wanita dari dalam rumah, mempersilahkan tim masuk ke dalam rumah. Di dalam rumah ini, terlihat berbagai keperluan pesta adat pernikahan jawa. Seperti, busana pernikahan, blankon, beskap, keris, dan lainnya. Tak berapa lama, empunya rumah keluar dan menyambut tim dengan ramah.

”Sebenarnya tidak jauh berbeda apa yang dilakukan putri keraton. Baik itu di Istana Mangkunegaran maupun Keraton Kasunanan Surakarta. Tetapi yang paling penting adalah, tirakat bagi putri-putri keraton itu sendiri,” kata RAy Tasikwulan saat mengawali pembicaraan.

Dia menjelaskan, putri keraton harus menjunjung tinggi filosofi Jawa. Yakni dengan membiasakan diri untuk berpuasa, dan menjalani laku tirakat. Tujuan dari tirakat ini, lanjutnya, adalah untuk mendapatkan wening atau suatu kondisi dimana hati dan pikiran bisa bersih dan fokus.

Selain itu, untuk menjadikan putri keraton menjadi lebih cantik, tidak bisa dilakukan secara instan. Sejak remaja mereka sudah dibiasakan untuk merawat diri. Kalau dahulu, puteri keraton merawat diri menggunakan banyak bahan alami. Seperti keramas menggunakan lidah buaya, maupun menggunakan londo merang.

”Pemulih kulit menggunakan campuran buah apulkat dan madu. Perawatan gigi dengan daun sirih, dan lainnya. Namun sekarang, bahan-bahan alami itu sudah banyak dikemas dengan bentuk lebih modern. Sehingga lebih praktis,” lanjutnya.

Putri Kanjeng Suronegoro ini juga mengatakan, sebenarnya rahasia kecantikan wanita terletak pada kecantikan hatinya. Semakin hatinya baik, kecantikan itu akan terpancar dari dalam. Sehingga sebenarnya rahasia kecantikan itu tidak ada, hanya hati yang bersih saja.

“Sejak lama Keraton telah mengenal yang namanya inner beauty atau kecantikan yang terpancar dari dalam. Karena itulah putri dalem selalu harus melakukan tirakat, bahkan tirakat ini dilakukan semenjak masih kecil,” tandasnya.

 

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge