0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pilkada, KPUD Hanya Proses Parpol yang Sah

dok.timlo.net/nanin
Ketua KPUD Boyolali, Siswadi Sapto (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — KPUD Boyolali hanya akan menerima partai politik (Parpol) yang sah berdasarkan rekomendasi dari Kementerian Hukum dan HAM dalam pendaftaran bakal calon bupati saat Pilkada Desember mendatang. Hal ini, menyusul masih adanya kisruh internal dua partai besar, Partai Golkar dan PPP.

“Tanpa rekomendasi dari Kemenkum-HAM, pendaftaran Bacalon kita tolak,” ungkap Ketua KPUD Boyolali, Siswadi Sapto, Selasa (7/4).

Langkah ini diambil, karena KPUD tidak ingin permasalahan internal di tubuh dua partai tersebut akan mempengaruhi proses Pilkada mendatang. Pasalnya, besar kemungkinan kisruh Parpol di tingkat pusat ini akan berpengaruh ke pengurus Parpol di daerah.

Di sisi lain, KPUD sendiri hingga kini masih menunggu pengesahan draft Peraturan Komisi Pemilihan Umum terkait Pilkada menjadi peraturan oleh DPR Pusat. Diharapkan pertengahan bulan April ini atau awal bulan Mei, DPR sudah mengesahkannya. Pasalnya, bila tidak segera disahkan, waktu persiapan Pilkada yang akan dilangsung bulan Desember tahun ini sangat mepet.

“Kita optimis Mei sudah sah,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge