0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cegah Demam Berdarah

Bupati Karanganyar Pimpin Tim Pembunuh Jentik

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengecek data hasil PSN ()

Karanganyar — Tim Relawan Pembunuh Jentik (RPJ) yang dipimpin Bupati Karanganyar Juliyatmono, masih menemukan jentik-jentik nyamuk di sejumlah rumah warga di Dusun Mojorejo, Desa Plesungan, Kecamatan Gondangrejo. Jentik-jentik nyamuk yang diwaspadai karena berpotensi menyebarkan penyakit Demam Berdarah (DB).

“Hari ini kita memulai gerakan pemberantasan jentik-jentik. Sebab, fogging saja tak menyelesaikan masalah,” ujar Juliyatmono saat meninjau Gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk. (PSN) di Desa Plesungan, Kecamatan Gondangrejo, Senin (6/4).

Juliyatmono mengatakan, kasus demam berdarah masih cukup tinggi di Karanganyar terutama beberapa daerah yang memang merupakan endemi penyakit yang diakibatkan gigitan nyamuk Aides Aegypti tersebut.

“Pola hidup bersih dan sehat menjadi penentu perkembangbiakan nyamuk mematikan itu,” kata Bupati.

Sementara itu, Camat Gondangrejo, Bambang Tri Hastaryo mengatakan, gerakan pemberatasan sarang nyamuk tersebut dilakukan sejak dua pekan lalu. Secara serentak, dirinya menggerakkan 13 desa yang ada untuk memantau pertumbuhan jentik nyamuk.

“Kami ingin mengubah perilaku warga supaya mereka dapat hidup sehat. Kami tak hanya sekedar 3M dengan menguras, menyiram dan mengubur, namun juga memantau,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Fathkul Munir menjelaskan, kasus DB tertinggi saat ini berada di Kecamatan Gondangrejo. Paling banyak di Desa Plesungan, dimana sepanjang 2015 ada sekitar 20 kasus.

“Bahkan di Desa Jeruksawit sudah ada 2 orang yang meninggal dunia,” urainya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge