0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jelang UN, Masyarakat Diminta Jaga Kondusivitas

dok.timlo.net/nanin
Masyarakat diminta menjaga konduktifitas lingkungan menjelang ujian nasional (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali – Menjelang pelaksanaan ujian nasional (UN), masyarakat diimbau agar turut menjaga kondusivitas. Ketenangan lingkungan sangat penting, untuk menjaga konsentrasi anak-anak dalam belajar menghadapi UN.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Boyolali, Darmanto, menjelaskan pihaknya sangat menyayangkan kondisi lingkungan di sekitar sekolah yang tidak mendukung. Seperti dicontohkan, kondisi lingkungan di SD Negeri Cemoro, Teras, dimana menjelang ujian nasional justru di dekatnya ada pasar malam.

“Kami prihatin, menjelang masa ujian seperti ini di dekat sekolah justru berlangsung pasar malam,” tutur dia, Senin (6/4).

Meskipun pasar malam beroperasi pada malam hari, di luar jam sekolah, namun justru hal tersebut dapat mengganggu konsentrasi belajar siswa. Terkait ini pihaknya mewanti-wanti, bahwa keberhasilan mendidik anak tidak hanya pada sekolah dan tenaga pendidik, melainkan juga lingkungan setempat yang kondusif.

Untuk saat ini tengah berlangsung ujian sekolah (US) tingkat SMP, dan ujian try out tingkat kabupaten. Sedangkan untuk pelaksanaan UN tingkat SMA/SMK dilangsungkan Senin mulai pekan depan. Meski saat ini UN tidak menentukan kelulusan siswa, namun UN tetap penting. Pasalnya, hasil UN nantinya untuk pemetaan prestasi siswa maupun sekolah, juga berfungsi sebagai indikator program evaluasi dan pengembangan sekolah.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge