0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengungsi Longsor Jenawi Rawan Terserang Campak

Pengungsi tanah longsor Jenawi (Timlo.net - Nanang)

Karanganyar – Penyebaran penyakit campak di tempat pengungsi bencana longsor dan tanah ambles di Dusun Jambon, Desa Menjing, Kecamatan Jenawi, perlu diwaspadai. Pasalnya, para pengungsi yang terlalu lama bertahan di pengungsian dengan kondisi fisik yang terus menurun cenderung rawan terkena penyakit.

Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2L) Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Fatkhul Munir mengemukakan, pihaknya terus memantau kesehatan para pengungsi. Sebagaimana diketahui, para pengungsi masih bertahan di Balai Desa dan Gedung Ikatan Persaudaran Haji Indonesia (IPHI) Jenawi.

“Kami akan terus melakukan pengamatan, terutama potensi penyakit campak, itu yang rawan sekali. Kami sudah berpesan jika ada temuan campak, itu segera ditindak lanjuti. Baru kemudian diisolasi terlebih dahulu supaya tidak menular,” ungkap Munir kepada wartawan, kemarin.

Sejauh ini, belum ada tanda-tanda pengungsi yang terkena campak. Namun, pihaknya tetap memperhatikan sejumlah faktor yang memungkinkan persebaran penyakit tersebut.

“Kalau satu saja terkena, maka penularannya cepat sekali. Apalagi kondisi lingkungan juga semakin lama semakin kurang baik. Pengolahan sampah dan sanitasinya memang masih kurang, namun ada sejumlah fasilitas yang tengah dipersiapkan dan tinggal membangun saja,” ujar Munir.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge