0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antrak Kembali Diwaspadai di Boyolali

Petugas lakukan vaksinasi di empat kecamatan endemi antrax sebagai upaya agar antrax tidak muncul lagi (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali – Sebanyak empat kecamatan di wilayah Boyolali kembali diwaspadai merebaknya penyakit Antraks. Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Boyolali, terus melakukan pengawasan di wilayah itu yang merupakan wilayah endemik. Seperti, Kecamatan Ampel, Simo, Klego dan Andong, Sabtu (4/4).

”Tahun ini, kami akan melakukan dua kali vaksinasi, yaitu di bulan Maret dan September. Vaksininasi rutin dilakukan sebagai upaya untuk mencegah jangan sampai wabah antrax kembali muncul,” ungkap Kasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Hewan (P3H) Disnakan, Drh Avy Rifdania.

Langkah yang dilakukan adalah, memberikan vaksin diberikan gratis kepada pemilik ternak. Disnakan sendiri mendapatkan bantuan dari provinsi berupa vaksin sebanyak 5 Ribu botol. Pihaknya akan memberikan ke pemilik hewan, utamanya sapi ke rumah-rumah warga.

Lebih lanjut dikatakan, kasus antrax pernah terjadi di wilayah Boyolali, tepatnya di Karangmojo, Klego, dimana saat itu puluhan warga terkena antrax kulit usai mengkonsumsi daging sapi. Sapi yang disembelih sebelumnya diketahui sakit. Tidak ingin kecolongan, dinas terus mengintensifkan pengawasan dan pemberian vaksin gratis.

“Jangan sampai muncul lagi,” tandasnya.

 

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge