0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mengganas, Hama Wereng Serang Cabe

Timlo.net - Nanin
Tanaman cabe diserang hama wereng akibatkan tanaman mati (Timlo.net - Nanin)

Boyolali – Hama wereng mengancam tanaman cabe. Hama ini mengakibatkan tanaman mati.

Sebelum mati, tanaman cabe yang diserang hama wereng akan mengering dan daun menjadi keriting. Tanaman yang terserang wereng oleh petani terpaksa dicabuti agar tidak menular ke tanaman lain.

Salah satu petani cabe, Hadi Mulyono (70) warga Kragilan, Mojosongo, mengaku harus menanggung kerugian jutaan rupiah. Pasalnya, saat ini harga cabe baru tinggi-tingginya.

Disaat harga cabe tinggi inilah, bisa untuk menutup kerugian produksi. Namun, harapan tersebut gagal.

“Banyak yang mati, terpaksa kita cabuti,padahal yang terserang wereng sudah berbuah dan tinggal menunggu panen,” ungkap Hadi ditemui di ladang cabe miliknya, Sabtu (4/4).

Untuk mencegah agar hama wereng tidak meluas, pihaknya membasmi menggunaka pestisida. Sayang, hasilnya kurang maksimal. Dalam sehari, Hadi mengaku pasti ada tanaman cabe yang terpaksa dicabut.

Disisi lain, petani cabe asal Mojosongo, Sutrisno (45), selain terserang hama wereng, tanaman cabe juga terserang hama lalat buah. Hama ini menyerang bagian buah dan mengakibatkan cabe menjadi busuk.

“Ya yang bisa kita panen,langsung kita panen,kita selamatkan biar kerugian tidak semakin besar,” imbuhnya.

Untuk hama lalat buah sendiri hingga saat ini belum ada pestisida yang mampu membasmi hama ini. Langkah yang dilakukan petani dengan menjebak hama ini menggunakan botol bekas air mineral yang telah diberi racun didalamnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge