0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hingga Malam, Ibadah Jumat Agung di Minahasa Terus Mengalir

Suasana Jumat Agung di Minahasa (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Ibadah Jumat Agung yang dilaksanakan warga Kristiani di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, sejak pagi hingga ibadah malam hari berlangsung dengan lancar. Ribuan warga kristiani memadati gereja-gereja untuk melakukan ibadah Jumat Agung sambil mengenakan pakaian hitam tanda turut merasakan penderitaan Kristus yang mati di atas kayu salib.

Di Gereja GMIM Kalvari Pineleng, ibadah malam berlangsung khidmat meski tanpa penjagaan petugas kepolisian. Pendeta Sonny Lontaan yang memimpin jalannya ibadah mengajak jemaat untuk menghayati makna penderitaan Kristus di atas kayu salib sebagai satu karya penyelamatan manusia, sehingga jemaat diharapkan menghargai hidup dengan melakukan perbuatan-perbuatan yang berkenan kepada Allah.

Dalam ibadah ini juga dilakukan perjamuan kudus bagi para anggota sidi jemaat untuk memperingati Yesus Kristus. Roti dalam perjamuan melambangkan tubuh Kristus dan anggur melambangkan darah-Nya yang tertumpah untuk menyucikan dosa umat manusia.

“Mari sama-sama kita mengikuti perjamuan kudus namun jangan hanya dilakukan sebagai sesuatu yang seremonial saja tetapi makna penderitaan Yesus Kristus harus dimaknai dalam kehidupan kita setiap hari,” nasihat Pendeta Lontaan dalam khutbahnya, Jumat (3/4).

Ibadah Jumat Agung merupakan bagian dari hari suci umat Kristiani sebelum memasuki hari kemenangan yaitu Paskah dimana Yesus bangkit mengalahkan maut.

Umat kristiani termasuk yang berada di Sulawesi Utara menjadikan Jumat Agung sebagai hari suci untuk mengenang masa di mana Yesus Kristus menyerahkan nyawanya diatas kayu salib untuk menebus dosa manusia.

“Lewat karya penyelamatan Yesus bagi manusia, kita diingatkan untuk terus hidup kudus dan terus mengedepankan kasih bagi sesama manusia dalam kehidupan kita sehari-hari,” ujar Grace Sarendatu salah satu warga kristen Minahasa Utara.

[dan]

Sumber : Merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge