0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SICF 2015, Jadikan Solo Sebagai Destinasi Wisata Kuliner

salah satu demo masak di SICF 2015 (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menggelar perhelatan Solo Indonesia Culinary Festival (SICF) 2015 di kawasan Benteng Vastenburg, Kamis (2/4) malam. Kegiatan yang menampilkan sejumlah panganan tradisi khas Solo dan beberapa wilayah Indonesia lainnya itu bertujuan untuk melestarikan sekaligus membawa makanan khas Indonesia ke kancah Internasional.

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo dalam sambutannya mengatakan, tujuan dihelatnya acara SIFC 2015 ini adalah untuk melestarikan sekaligus meningkatkan kualitas serta mutu panganan lokal khas kota Solo supaya lebih dikenal. Tak hanya menyuguhkan makanan semata, sebanyak 108 stand yang ikut serta dalam kegiatan tersebut. Rencananya juga akan melakukan menyajikan culinary demo, seperti traditional food, fruit carving dan ice carving demonstration, dan jugling festival.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan kuliner tradisi khas Solo, supaya tidak luntur ditelan jaman,” terang Rudi.

Pihaknya berharap, dengan digelarnya SIFC 2015 kali ini Kota Solo selain dikenal sebagai salah satu kota destinasi wisata juga dikenal sebagai kota kaya kuliner tradisi. Sehingga, masyarakat yang berkunjung di Kota Solo selain hendak menikmati wisata Solo yang disuguhkan juga mencicipi kuliner tradisi kaya rasa yang disajikan.

Sementara itu, Ketua Panitia, Daryono mengatakan kegiatan tahun ini mengusung makanan tradisi sate kere. Dimana, makanan yang terdiri dari tempe gembus, koyor (lemak) sapi, tempe mendoan, dan dicelupkan kedalam bumbu kacang diberikan sentuhan khas tangan-tangan chef ahli masakan. Sehingga, makanan yang biasanya terlihat kuno dan kurang menarik tersebut mampu menggugah selera dengan tampilan unik hasil karya chef ternama.

“Untuk tahun ini kita usung makanan sate kere. Dimana makanan ini terkadang hanya disepelekan. Tapi, manakala telah mendapat sentuhan khas dari para chef hotel berbintang kota Solo pastinya akan bertransformasi dan menjadikan rasanya enak dengan tampilan berkelas,” ungkap Daryono.

Pantauan Timlo.Net, masyarakat nampak menikmati suasana sekaligus suguhan makanan yang dihadirkan dalam kegiatan SIFC 2015. Tak hanya makanan, sejumlah suguhan seni maupun games menarik juga turut dihadirkan dalam perhelatan tersebut.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge