0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dunia Industri Haus Tenaga Kerja

dok.timlo.net/tyo eka
Ketua Human Resources Solo Raya, Bengawan Teja Handoyo (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo – “Jujur saja, saat ini dunia industri haus tenaga kerja,” tandas Ketua Human Resources Solo Raya, Bengawan Teja Handoyo kepada Timlo.net saat bertemu di SMK Negeri 7 Solo, Kamis (2/4)

Tetapi, lanjut Bengawan, dunia industri kesulitan mencari tenaga kerja. Padahal pengangguran cukup tinggi. Disisi lain, siswa-siswa SMK kesulitan mencari kerja.

“Ini menunjukkan ada sesuatu yang enggak pas,” ujarnya.

Terkait dengan kualitas ketrampilan, Bengawan mengatakan, pada dasarnya ketrampilan sebetulnya bisa ditingkatkan dengan pelatihan-pelatihan.

Ia mengritik, siswa-siswa SMK yang sebetulnya dicetak sebagai tenaga terampil ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan. Karena saat belajar dibangku sekolah, yang dikejar adalah nilai tinggi supaya dikatakan pandai.

Tetapi apakah hal itu menjamin, memang terampil sesuai yang dibutuhkan dunia kerja. Padahal dunia kerja tidaklah peduli dengan nilai yang didapat di bangku sekolah. Tapi yang penting bisa kerja.

“Kita melihatnya sebetulnya hanya pada hasil kerja, penilaian kita adalah prestasi kerja. Inilah yang perlu diperhatikan oleh pengelola-pengelola SMK,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge