0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPU Solo Siapkan Rp. 2,7 Miliar Untuk Sosialisasi Calon Walikota

dok.merdeka.com
ilustrasi (dok.merdeka.com)

Solo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo mengalokasikan anggaran untuk sosialisasi pasangan calon Walikota-calon Wakil Walikota sebesar Rp 2,7 Miliar.

Ketua KPU Solo, Agus Sulityo menjelaskan, seiring revisi Undang-Undang No 1 Tahun 2015 tentang Pilkada, KPU Solo kembali menyusun Rencana Anggaran dan Biaya (RAB) untuk Pilkada Solo. Dari hasil hitungannya, Pilkada Solo membutuhkan anggaran sebesar Rp 13,632 Miliar.

Sebelumnya, Agus sempat menyebut kebutuhan ideal Pilkada satu putara sebesar Rp 11,5 Miliar.

“Adanya kenaikan itu karena adanya item kampanye yang dibiayai negara. Hitungannya berbasis jumlah kepala keluarga (KK). Misal flyer, pamflet itu nanti kita cetak sejumlah KK di Solo,” katanya kepada wartawan, Kamis (2/4).

Agus melanjutkan, tim sukses masing-masing calon nantinya menyerahkan desain flyer, pamflet kepada KPU. Selanjutnya, KPU akan mencetaknya sejumlah KK di Solo. Penyebaran flyer dan pamfelt itu diserahkan ke masing-masing tim sukses.

Adapun untuk poster, spanduk dan baliho nantinya memuat gambar seluruh pasangan calon. Untuk alat peraga kampanye (APK) ini KPU mencetak dan memasangnya sendiri di titik-titik sesuai aturan PKPU.

“Untuk sosialisasi ini anggaran di RAB sebesar Rp 2,7 Miliar dengan asumsi lima pasangan calon. Termasuk iklan di media massa,” kata dia.

Selain harus menanggung biaya sosialisasi calon, kenaikan kebutuhan anggaran Pilkada juga dipicu adanya penambahan Sekretaris Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kelurahan.

Sekretariat PPS untuk membantu PPS pekerjaan administrasi. Personilnya sebanyak tiga orang berasal dari Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Tiga personil Sekretariat PPS ini diberi honor selama masa kerja sama dengan PPS (8 bulan). Penunjukannya melalui SK Walikota. Anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 4,5 Miliar,” ungkapnya.

Agus menambahkan, RAB baru Pilkada Solo sebesar Rp 13,5 Miliar itu sudah diserahkan ke Bagian Pemerintahan Pemkot Solo. Hal ini mengingat sejauh ini, Pemkot baru mengalokasikan anggaran Pilkada Rp 7 Miliar.

“Kami berharap anggaran Pilkada bisa segera diterbitkan dan kepastian dikasih berapa juga jelas,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge