0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bayam Bantu Cegah Penurunan Fungsi Otak

Dok: Timlo.net/Daily Mail.
Bayam. (Dok: Timlo.net/Daily Mail.)

Timlo.net—Mengkonsumsi sayuran seperti bayam dan kale bisa menjaga fungsi kognitif Anda dan mencegah fungsi itu menurun hingga 11 tahun ke depan.

Para peneliti dari Rush University di Chicago, Amerika Serikat (AS) menemukan bahwa orang dewasa yang makan sayuran berdaun hijau itu hanya mengalami penurunann fungsi kognitif dalam jumlah kecil dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi bayam. Manfaat ini tetap sama tanpa pengaruh dari faktor-faktor lain seperti pendidikan, olahraga dan sejarah kesehatan keluarga.

Mereka menganalisa 950 orang dengan usia rata-rata 81 tahun, yang berpartisipasi dalam 19 tes berbeda untuk menguji fungsi mental dan menemukan bahwa para peserta yang makan sayuran hijau sekali atau dua kali sehari terlindungi dari penurunan mental hingga 11 tahun.

Pemimpin penelitian Martha Clare Morris berkata bahwa manfaat sayuran hijau terhadap kesehatan otak dikarenakan nutrisi penting seperti vitamin K. Dia menambahkan bahwa karena penurunan mental dihubungkan dengan penyakit Alzheimer’s dan demensia, konsumsi sayuran hijau bisa melindungi otak.

Penelitian ini dipresentasikan di acara the Experimental Biology Conference di Boston.

Sumber: Times of India.

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge