0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPU Tunggu Pembahasan PKPU di Pusat

ilustrasi (dok.merdeka.com)

Solo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo masih menunggu proses pembahasan persetujuan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang pemilihan kepala daerah (Pilkada). PKPU Pilkada itu saat ini masih dibahas antara KPU dan DPR RI.

Ketua KPU Solo, Agus Sulistyo mengatakan belum selesainya pembahasan PKPU Pilkada di pusat membuat pihaknya tidak bisa memulai tahapan Pilkada. Seharusnya tahapan sudah mulai minggu ke-2 April nanti. Diawali dengan sosialisasi pembentukan badan penyelenggaran dan penyusunan regulasi.

“Sekarang ini kita proses koordinasi dan penyusunan regulasi. Kegiatan melibatkan eksternal belum karena tahapan yang melibatkan eskternal masih menunggu persetujuan PKPU di DPR. Ya sedikit tersandera proses di DPR,” katanya kepada wartawan, Kamis (2/4).

Namun demikian, Agus memprediksi, KPU sudah bisa melaunching PKPU secara serentak pada akhir bulan ini. Prediksi itu didasari pada masa sidang II DPR RI yang akan berakhir pada 24 April.

“Kemungkinan minggu terakhir PKPU sudah terbit dan bisa untuk memulai tahapan,” ujarnya.

Meski tahapan sosialisasi diprediksi mundur, Agus meyakini tahapan pendaftaran calon walikota dan wakil walikota tidak akan mundur. Mengacu draft PKPU, pendaftaran calon dilakukan pada 22-24 Juli 2015.

“Yang mundur hanya tahapan sosialisasinya,” ungkap dia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge