0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengawasan Industri Makanan Diperketat

Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo – Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo memperketat pengawasan terhadap bahan peredaran bahan makanan olahan di pasar tradisional. Kewaspadaan ini dilakukan karena mencuatnya berita tentang produk makanan olahan yang mengandung zat kimia berbahaya akhir-akhir ini.

“Kami telah melakukan pengawasan terhadap sejumlah industri makanan olahan yang ada di Kota Solo, juga yang beredar di pasar-pasar tradisional. Pengawasan ini kami lakukan secara rutin, bukan hanya baru-baru ini saja,” ungkap Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih, Rabu (1/4).

Siti mengatakan dalam melakukan pengawasan pihaknya menggandeng sejumlah  Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lain, diantaranya adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Menurut Siti hal itu dilakukan untuk semakin memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“Jelas kami berkoordinasi dengan disperindag selaku pemberi ijin untuk industri makanan, ini kami lakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat,” kata dia.

Dalam pengawasan yang dilakukan selama ini, Siti mengaku tidak menemukan kandungan zat kimia berbahaya dalam makanan. Namun dirinya berjanji untuk terus melakukan pengawasan, supaya tidak kecolongan.

“Selama pengawasan yang kami lakukan, tidak didapati makanan yang mengandung bahan berbahaya, namun kami lakukan pengawasan secara berkala. Jika memang ada industri kecil yang memasukkan jat kimia non makanan dalam produksinya, sanksinya adalah pencabutan ijin usaha,” ungkap dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge