0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dukung Swasembada Pangan, PU Benahi Irigasi

dok.timlo.net/agung widodo
Petani benahi irigasi sawah (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen — Bidang Pengairan Pertambangan dan Energi Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sragen melakukan rehabilitasi bendungan dan jaringan di 14 daerah irigasi. Langkah ini diambil guna mendukung swasembada pangan nasional.

Kabupaten Sragen selama ini dikenal sebagai salah satu lumbung padi Jawa Tengah, sebagai penghasil beras terbesar ke 2 di Jateng setelah Cilacap.

Kepala Bidang Pengairan Pertambangan dan Energi DPU Sragen, Sumbagyo menjelaskan, salah satu penunjang keberhasilan produksi beras adalah pengelolaan saluran pengairan yang bagus. Wilayah Sragen secara kebetulan ditopang aliran Sungai Bengawan Solo, sehingga pertanian padi di bumi sukowati  mampu berproduksi tiga kali dalam setahun.

Untuk mendukung program swasembada pangan nasional, pihaknya  memiliki program untuk menjaga kondisi air. Selain rehabilitasi bendungan, pada tahun 2015 ini program yang dimiliki yaitu melaksanakan pemeliharaan rutin di 28 daerah irigasi, pembuatan embung di Brojol, Kecamatan Miri, membuat sumur dalam di Gondang dan melakukan pengamanan tebing sungai,

Sumbagyo menambahkan, untuk mejaga air alam, PU secara rutin juga selalu melakukan pembinaan kepada masyarakat terkait pengurusan perijinan pertambangan.

“Kami juga mengadakan pengawasan dan pengendalian kegiatan penambangan yang ada,  apabila perlu melakukan penghentian kegiatan penambangan yang tidak sesuai RT/RW Kabupaten Sragen,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge